RC Drift QD (Quick Drive)



RC QD (Quick Drive)
RC quick drive atau yang biasa dikenal dengan RC QD merupakan RC yang mempunyai sistem yang terintegrasi menjadi satu, baik kontrol steering, kontrol pengerak maupun frekwensi remote semua terintegrasi menjadi satu modul.
Biasanya rc jenis ini mengunakan 2 motor dalam 1 unit, motor yg pertama digunakan untuk sumber tenaga pengeraknya, sedangkan motor kedua digunakan untuk mengerakan sistem kemudi nya. Kontrol pada rc jenis ini sangat terbatas, hal ini disebabkan oleh karena pada RC jenis ini mengunakan metode On off switch. Misal nya , ketika kita menekan tombol untuk maju, maka modul akan memerintahkan motor untuk berputar ke depan dengan kemampuan maksimal, begitu juga pada steering nya, ketika kita menekan tombol untuk berputar ke kiri, maka modul akan memerintahkan motor untuk berputar ke kiri hingga ke titik maksimal tanpa dapat dikontrol sudut sudut sesuai dengan keinginan kita.
Apakah rc jenis ini dapat digunakan untuk rc drifting? Selama rc jenis QD ini memiliki sistem pengerak 4 roda [4WD] tentu saja bisa digunakan, meskipun keterbatasan control dan dikategorikan toys rc jenis ini layak diperhitungkan, contoh merk yg beredar : sanzuan, nqd, speed gt

RC EP (Elektronik Proportional)
Berbeda dengan RC QD, Rc jenis ini memberikan kebebasan bagi pemiliknya untuk menentukan performa dari RC nya. Hampir semua bagian dari rc ini dapat di personalisasi kan sesuai dengan keinginan pemiliknya. Secara garis besar rc jenis ini dapat kita bagi menjadi 2 bagian yaitu
1. Kit

Kit merupakan bagian utama dari hobby ini. Kit terdiri dari beberapa bagian yg menjadi satu kesatuan. Chasis dan kaki kaki merupakan bagian utama dari sebuah kit. Hampir semua bagian dari sebuah kit dapat di modifikasi sesuai dengan karakter pengemudi nya.
 




2. Elektronik
Elektronik merupakan bagian dari sebuah rc yg berhubungan dengan kelistrikan. Esc, motor, servo,baterai, transmiter [TX] serta receiver [RX] merupakan bagian dari elektronik yg menjadi syarat mutlak untuk sebuah rc agar dapat berjalan. Note untuk RC GP Esc diganti dengan Engine.
2.1 esc & motor

esc [Electronic speed control] berfungsi sebagai pengatur arus listrik dari baterai ke motor elektrik sehingga motor tersebut dapat berputar sesuai dengan kecepatan yang kita inginkan







2.2 Servo

servo dalam dunia RC biasanya digunakan sebagai pengerak steering ataupun sebagai pengatur throttle pada RC GP








2.3 Transmiter

Transmiter biasanya merupakan unit yg digunakan oleh driver untuk mengontrol RC









2.4 receiver
receiver merupakan penerima signal dari sebuah transmitter' yg diteruskan menjadi perintah kepada piranti elektronik lain nya agar dapat bekerja.

Merk yg bnyak digunakan : Tamiya,hpi,kyoso,yokomo,dll

Cara untuk mengakali QD biar enak maen drift mudah dan sederhana:
1.      di socket mobil yg buat batre ada 3 kabel warna hitam,merah dan biru.potong kabel biru dan merah lalu sambungkan jd 1 kabel,jadi socket untuk ke batere bakal jd 2 hanya merah dan hitam.
(jangan menyambungkan kabel biru ke merah langsung di PCB krn bisa terjadi konslet)
2.      Batere bawaan speedking kebayakan cepat habis,main paling lama 10-15mnt.nah kalau PCB dan transistor msh standar bawaan dan pengen maen lama cukup ganti batere pakai lippo yg voltnya 7.4 ampere bebas mau yg brp aja.knp sy sarankan pakai 7.4v buat pcb yg standar,krn pcb standar speedking itu 10-12volt jd klo pakai batre dibawah standar pcb tidak akan bekerja terlalu berat.
3.      kalau mobil pengen kencang ga perlu repot2 ganti pakai double batre atau aki kering karena selain memakan tempat pada RC juga akan menambah beban pada RC,tapi yg harus diganti:
-ganti transistor standar dgn yg lebih bagus.bawa aja ke toko elektronik yg trima reparasi elktro.
-ganti batre pake lippo yg 11v ga perlu pakai double batre.
-untuk NQD yg pengen ngilangin engine break harus ganti PCB yg 4 relay
-ganti dinamo depan belakang dengan ukuran yang sama
-dan khusus untuk merk NQD buat ngdrift harus belajar bermain counter steering karen karakter dari NQD memang counter steering

Tidak ada komentar:

Posting Komentar