Ikan Cupang Hias (Betta Splendens) - beragam jenis ikan Cupang

Ikan cupang merupakan ikan hias berukuran kecil yang memiliki warna dan jenis yang beraneka ragam dan penuh pesona. Ikan yang habitat aslinya berada di rawa ini memiliki peluang bisnis yang bagus, selain itu juga sangat mudah berkembang biak. bahkan ketenaran ikan hias ini juga merebak diseluruh dunia, dan sering diadakannya kontes ikan berskala international yang bagi para hobies dikenal dengan IBC (international Betta Contest).
Banyak kalangan yang menyukai ikan cupang, dari anak kecil sampai orang dewasa banyak yang hobi memelihara ikan cupang, tidak heran jika ikan cupang jenis tertentu dihargai hingga jutaan rupiah. Selain untuk hiasan, ikan cupang sering dijadikan media taruhan, terutama ikan cupang jenis bagan yang biasanya diadu. Nama bagan diambil dari nama Kota Bagan Siapi Api di Sumatera Utara, karena memang cupang ini berasal dari sana. namun pada posting kali ini, kita hanya akan membahas mengenai ikan cupang hias.

Didunia, khususnya di Indonesia ada tiga jenis ikan cupang hias yang di kenal para hobbies :

1. Half - Moon

Halfmoon size baby

cupang jenis ini sangat khas dengan ukuran ekor dan sirip yang sangat lebar yang dapat mengembang hingga lebih dari 180 derajat jika sedang marah. ikan jenis halfmoon merupakan ikan hasil rekayasa genetika dari para "seniman" ikan asal negeri paman sam pada tahun 1980an.ikan jenis ini merupakan ikan jenis populer bagi sebagian hobies tanah air. namun, dalam pemeliharaannya, ikan jenis ini cenderung susah agar tetap menjaganya dalam kondisi yang stabil dan dalam kondisi top perform.

Akuarium yang digunakan
Ikan cupang biasanya diletakkan di dalam wadah kecil. Karena ikan cupang sulit untuk dicampur dengan ikan lainnya. Namun, untuk memelihara ikan cupang halfmoon, sebaiknya ikan cupang ini dipelihara di dalam akuarium yang cukup besar. Hal ini bertujuan untuk menghidari kerusakan pada sirip dan ekornya. Selain itu, keindahan ikan cupang halfmoon bisa kita nikmati jika kita memeliharanya di akuarium. Akuarium yang biasa digunakan adalah akuarium soliter dengan ukuran 15x15x20 cm. Namun, ada juga pecinta ikan cupang menggunakan akuarium yang berukuran 30x15x20 cm.

Kebersihan Akuarium Ikan Cupang Halfmoon
Untuk menjaga agar air tetap bersih dan menghindarkan ikan cupang kesayangan kita terkena penyakit, kita harus mengganti air akuarium secara rutin. Biasanya, air akuarium diganti dua hari sekali. Namun, penggantiannya tidak keseluruhan. Ganti air setengah saja dari akuarium dan seminggu sekali atau dua minggu sekali air akuarium baru diganti secara keseluruhan. Selain itu, bersihkan juga akuarium ketika kita mengganti semua air akuarium agar ikan cupang kesayangan kita terbebas dari penyakit

2. Crown Tail ( serit )


CT size baby
jenis cupang ini merupakan ikan khas Indonesia.ikan ini hasil kreasi "seniman" ikan asal indonesia pada awal tahun 1990 an. ikan jenis ini memiliki tubuh yang lebar dan memiliki ke khasan pada bentuk sirip siripnya yang berbentuk seperti sisir. dalam pemeliharaannya, ikan jenis ini termasuk dalam kategori sedang. hal tersebut disebabkan susahnya menjaga ke utuhan dan ketebalan dari ukuran tulang seritnya.

akuarium yang digunakan

untuk menjaga keutuhan seritnya, para hobies sering menggunakan akuarium ukuran standart yaitu ukuran 15x15x20 cm. namun beredar "keyakinan" pada para hobies bahwa yang cukup berpengaruh untuk ikan jenis ini adalah ketinggian air yang digunakan dalam pemeliharaan.

Kebersihan air dan akuarium 
untuk pemeliharaan ikan jenis ini, penggantian air tidak perlu sering dilakukan,jika terlalu sering malah akan membuat ikan "rusak" (pengalaman saya sendiri). dan juga dalam pemeliharaan ikan jenis ini, air yang digunakan tidak boleh tercampur dengan obat obatan kimiawi.banyak dari para hobies yang menambahkan ekstrak daun ketapang guna menurunkan ph air, karena ikan ini lebih stabil hidup pada keadaan ph rendah (asam)

3. Plakat

plakat size medium
 ikan jenis ini berasal dari negeri gajah putih Thailand. ikan jenis ini memiliki kemiripan dengan cupang aduan. sehingga banyak para pemula yang susah membedakan antara cupang plakat dengan cupang aduan (bagan). kelebihan cupang jenis ini adalah mudahnya perwatan, karena sirip dan ekor yang kecil dan cenderung stabil pada kondisi air apapun. ikan jenis ini memiliki bentuk tubuh yang pendek dan lebar.

Akuarium yang digunakan
pada pemeliharaan ikan jenis ini, akuarium yang digunakan bisa menggunakan akuarium ukuran standart ataupun yang sedikit lebih kecil.ikan jenis ini tidak memerlukan wadah yang terlalu besar.

kebersihan air dan akuarium
untuk ikan jenis ini, air yang digunakan cenderung sama dengan air yang digunaka pada ikan jenis halfmoon, penambahan ekstrak daun ketapang seperti halnya pada ikan jenis CT kurang sesuai karena dapat mengakibatkan lengket pada ekor dan sirip sehingga bukaan ekor dapat kurang maksimal.

namun pada dasarnya pemeliharaan ikan cupang cukup mudah,yang perlu diperhatikan hanya treatment air yang berbeda beda bagi tiap jenisnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar